SEKILAS INFO
: - Thursday, 18-04-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
OSIS SMAN 2 KEDIRI

Hai, salam hangat semuanya! VIVAT SMADA!

OSIS SMADA berbeda loh dengan OSIS sekolah lain. Mau tau kenapa? Yuk kulik lebih dalam tentang OSIS SMADA dan SMAN 2 Kediri pastinya karena “Anda Smada kita saudara”.

OSIS SMA Negeri 2 Kediri

Adalah organisasi yang bertugas menampung seluruh aspirasi siswa-siswi SMAN 2 Kediri dan melaksanakan setiap kegiatan yang telah tercantum di dalam Program Kerja OSIS. OSIS SMADA berbeda dengan organisasi intra pada umumnya, karena OSIS SMADA memiliki sistem kabinet. Bisa kita analogikan bahwa OSIS SMADA adalah suatu Negara Kesatuan yang memiliki dasar dan tujuan untuk meraih kesuksesan bersama di hari kemudian.

 

PENGURUS HARIAN OSIS SMAN 2 KEDIRI MASA BAKTI 2020/2021

Ketua umum   : Muhammad Ikmal M.Z

Ketua I             : Aaron James E.

Ketua II            : Fattasya Aulia R.

Sekretaris I      : Farrel Asher T.

Sekretaris II    : Syarifah Adinda F.

Bendahara  I   : Dinaresa Agista Aura F.

Bendahara II   : Keysha Amelia

 

Dalam upaya pelaksanaan dan pencapaian kinerja keorganisasian secara maksimal, OSIS SMA Negeri 2 Kediri memiliki beberapa sekbid (sekretaris bidang) yang dikoordinasikan oleh seorang koordinator sekbid dan masing-masing dari koordinator sekbid tersebut membawahi beberapa unit yang bertugas menyelenggarakan kegiatan kegiatan sesual program kerja unitnya.

Fungsi OSIS SMADA adalah;

  • Wahana peningkatan integritas dan penegakan kedaulatan siswa
  • Wahana pengembangan keilmuan dan kecendekiawanan
  • Wahana pengabdian kepada masyarakat
  • Wahana untuk saling tukar bertukar pengalaman dan pengetahuan
  • Wadah organisasi sekolah
  • Pengembangan keterampilan dan bakat kemampuan siswa

 

OSIS SMA Negeri 2 Kediri memiliki unit-unit yang bertugas dalam menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan di SMA Negeri 2 Kediri.

 

Unit-Unit OSIS SMAN 2 Kediri

  1. UNIT TMA (Ta’mir Masjid Al-Anwar) Ta’mir Masjid Al-Anwar

Merupakan Unit OSIS yang bergerak dalam bidang dakwah islam di SMAN 2 Kediri pada khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya yang bermarkas besar di Masjid Al – Anwar. Dengan visi menumbuh kembangkan nilai-nilai keislaman di lingkungan SMA Negeri 2 Kediri TMA bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan kerohanian islam, baik kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) maupun kegiatan TMA SMAN 2 Kediri.

Kegiatan : Akademi Kepemimpinan Islam Smada (AKIDA) Pembentuk Akhlak (PETUAH) Kajian Remaja Islam Smada (KARISSMA) Studi Dasar Islam Ekstern (SDI Ekstern), Kajian Keputraan/Keputrian, Rihlah, SMADA Islamic Day (SID) dll.

 

  1. UKKKat (Unit Kerohanian Kristen Katholik)

UKKKat adalah Unit Kerohanian yang dibawahi oleh Koorbid 1. UKKKat didirikan dengan tujuan mengumpulkan siswa-siswi Katholik SMA Negeri 2 Kediri yang beragama Katholik untuk terlibat aktif di dalam kegiatan-kegiatan OSIS dan sebagai sarana bertemunya siswa siswi Katholik dalam mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Kegiatan Rutinnya antara lain: Rekoleksi bersama, Camping Rohani bersama, dsb.

 

  1. Unit Kerohanian Kristen Protestan (UKKris)

UKKris adalah Unit Kerohanian yang dibawahi oleh Koorbid 1. UKKris didirikan dengan tujuan mengumpulkan siswa-siswi SMA Negeri 2 Kediri yang beragama Kristen Protestan untuk terlibat aktif di dalam kegiatan-kegiatan OSIS dan sebagai sarana bertemunya siswa-siswi Kristen Protestan dalam mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Macam kegiatan yang dimiliki antara lain :

Kegiatan Rutin : Kebaktian Pelajar Smada (KAPAS), Kebaktian Pelajar Bersama (KPB), Doa Pagi, Kelompok Kecil (KK).

Kegiatan Non Rutin : Kegiatan Kerohanian Kristen pada saat PLS. Temu Akrab Siswa Baru (TASIBA) Lokakarya dan Konsultasi (LOKASI) PHBA Bersama Retreat Pelajar.

 

  1. UNIT PASKIBRA SMADA

PASKIBRA SMAN 2 KEDIRI merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan pada 5 Oktober 1999. PASKIBRA SMADA merupakan PASKIBRA pertama dan menjadi yang tertua di Kota Kediri. Tujuan dari organisasi ini adalah melatih jiwa kepemimpinan dan membentuk pribadi yang tangguh dan teguh serta memiliki pandangan yang lugas. PASKIBRA SMAN 2 Kediri kerap sekali mengikuti ajang perlombaan, baik di dalam maupun di luar Kota Kediri dan secara rutin menyumbang banyak sekali prestasi baik yang diraih yang dapat mengharumkan nama baik SMAN 2 Kediri. Tak hanya itu, PASKIBRA SMADA juga aktif melaksanakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi seluruh anggotanya.

 

  1. UNIT BAKTI SOSIAL SMADA

Unit Bakti Sosial SMADA merupakan unit di OSIS SMA Negeri 2 Kediri yang bergerak dalam bidang Sosial. Unit ini bertugas mengkoordinasi serta mengadakan kegiatan-kegiatan bakti sosial khususnya di SMA Negeri 2 Kediri. Kegiatan unit ini di antara lain Penggalangan dana bagi korban Bencana Alam, Penggalangan dana Spontanitas, Program Peduli Teman, dll.

 

  1. UNIT PMR (Palang Merah Remaja) dan UKS

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan cabang dari organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang diikuti oleh para pelajar tingkat SMP-SMA. Untuk menunjang dan mewujudkan itu semua, maka PMR Smada Kediri mempunyai kegiatan rutin maupun kegiatan tahunan yang dikemas dan dirancang sehingga fun, seru, tetapi tetap sarat dengan materi, di antaranya : Latihan harian setiap seminggu sekali, Pelatihan Lapangan, Kegiatan Peduli Sesama, Latihan Berbagai macam perkemahan PMR Gabungan.

 

  1. UMS (Unit Musik SMADA)

UMS adalah unit yang didirikan untuk memberikan wadah bagi siswa seniman bidang seni musik di SMA Negeri 2 Kediri. Dengan kegiatan di antaranya : latihan rutin, pengisi dalam acara SMADA, Band Contest, dll.

 

  1. UNIT SKAL (Studi Kenal Alam dan Lingkungan)

Unit SKAL merupakan media peningkatan wawasan edukasi, IPTEK dan kesadaran akan peran serta dalam Pembangunan Negara Indonesia serta wujud cinta tanah air pelajar terhadap lingkungan dan Tanah Air Indonesia dalam kegiatan rutin yang dilakukan tiga tahun sekali. Dengan tujuan berbagai kampus serta industri akan mengembangkan pola pikir siswa dalam penentuan minat bakat di jenjang selanjutnya.

 

  1. UNIT PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional)

PHBN adalah salah satu unit acara tahunan di bawah naungan OSIS SMAN 2 Kediri. Unit PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) memiliki peranan yang cukup penting dalam kegiatan organisasi maupun kesiswaan di dalam maupun di luar lingkup SMAN 2 Kediri. Dalam setiap tahun unit ini mengadakan acara yang bervariasi dan berbeda. Bentuk kegiatan dikemas dalam tema yang bersifat fun dan study.

Kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh unit PHBN yaitu:

  • Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Kartini : Lomba Miss Mas SMADA, lomba memasak, kreasi kain tradisional, broadcasting, lomba design poster, dll.
  • Lomba-lomba khas Hari Kemerdekaan Indonesia : Lomba tarik tambang, balap karung, pidato, puisi, dll.

 

  1. UNIT Science Club (SC)

SC adalah unit yang memiliki peranan vital di SMAN 2 Kediri. Unit ini memberikan wadah untuk saling belajar serta mengupgrade kemampuan bidang sains dan pengetahuan umum. Siswa saling belajar mengasah kemampuan diri serta mental dalam menghadapi berbagai jenis olimpiade untuk mengharumkan nama SMADA di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

 

  1. UNIT KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Sebagai wadah bagi siswa-siswi yang ingin mengembangkan ide-ide dan merangsang penemuan-penemuan baru dengan metode penelitian, eksperimen, serta analisis masalah. Dengan bimbingan guru yang ahli pada bidangnya. Sejak didirikan unit ini sudah berhasil memborong kemenangan di berbagai lomba karya tulis.

 

  1. UNIT MILAD

Unit MILAD merupakan unit yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan acara untuk memperingati hari jadi SMA Negeri 2 Kediri yang dinamakan MILAD Setiap tahun unit ini menyelenggarakan MILAD dengan berbagai acara yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat luas.

Jenis kegiatan yang diselenggarakan tergantung pada kebijaksanaan panitia. Setiap tahun unit MILAD berusaha menampilkan acara yang lebih baik dengan format yang lebih menarik pula. Contoh kegiatan yang diselenggarakan, antara lain: PENSI, SMADA’S Fair, bakti sosial, lomba dibidang intelektual akademik.

 

  1. UNIT PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Lingkungan adalah tempat kita tinggal dalam bersosialisasi antar satu sama lain Lingkungan yang bersih, sehat dan indah merupakan syarat mutlak untuk membina hubungan yang lebih baik. Demikian halnya dengan SMAN 2 Kediri yang ingin menciptakan hal tersebut. Maka dibentuklah Unit Pengenalan Lingkungan Sekolah di bawah naungan OSIS SMA Negeri 2 Kediri,

 

  1. UNIT SECC (Smada English Competition Club)

Unit SECC adalah salah satu unit OSIS SMAN 2 Kediri, khususnya dalam bidang bahasa Inggris. Dari singkatannya, dapat diketahui bahwa SECC (Smada English Competition Club ) merupakan suatu unit sebagai klub bagi siswa yang berminat dalam berpartisipasi dalam kompetisi di bidang bahasa Inggris. Kompetisi ini misalnya speech, story telling, debate, newsreading, dll.

 

  1. UNIT SEPAK BOLA

Tak dapat dipungkiri saat ini sepakbola masih menjadi olahraga yang paling banyak digemari, terutama oleh kaum pria. DI SMA Negeri 2 Kediri selama ini telah berdiri Unit Sepakbola yang memfasilitasi bakat dan minat dalam sepakbola. Dengan bimbingan dari pelatih profesional dalam tiap latihan rutin yang diadakan unit ini mampu meraih banyak penghargaan dalam berbagai kompetisi.

 

  1. UNIT BOLA BASKET

Unit basket memiliki latihan rutin yang diadakan di lapangan basket SMA Negeri 2 Kediri dan dapat di ikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 2 Kediri. Latihan ini diadakan rutin tiap minggu dan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain basket dan sebagai persiapan untuk menghadapi kompetisi,

 

  1. UNIT BOLA VOLLY

Salah satu ekskul yang ada di SMADA yaitu ekstra bola voli. Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang berminat mengembangkan bakat terutama dalam permainan bola voli. Latihan rutin tiap minggu dengan mendatangkan pelatih profesional. Setiap semester unit ini akan mengadakan pertandingan voli antar kelas dalam Class meeting.

 

  1. UNIT BULU TANGKIS

Salah satu ekskul yang ada di SMADA yaitu ekstra bulu tangkis. Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang berminat mengembangkan bakat terutama dalam permainan bulu tangkis. Latihan rutin tiap minggu dengan mendatangkan pelatih profesional. Setiap semester unit ini akan mengadakan pertandingan bulu tangkis antar kelas dalam Class meeting.

 

  1. UNIT FUTSAL

Unit futsal ini termasuk dalam struktur OSIS dibawah koorbid VII Unit Futsal terbentuk berdasar progam OSIS SMA Negeri 2 Kediri tahun 2007/2008. Sebagaimana tim Futsal SMADA telah banyak mengikuti kompetisi futsal di banyak ajang.

 

  1. UNIT SMADAPALA

Merupakan sebuah unit bagi siswa/siswi SMAN 2 Kediri yang memiliki bakat dan minat di bidang kepecinta alaman.”Alam Guru TERBAIK bagi Manusia” alam mengajarkan kita bagaimana untuk memberi dan menerima tidak hanya menerima kekayaan alam kita namun kita juga harus memberi kepedulian kita bagi alam kita.

 

  1. UNIT PASSIS (Pelepasan Siswa)

PASSIS merupakan unit yang bertanggung jawab untuk mengadakan acara perpisahan bagi siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 2 Kediri yang akan lulus dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang berlangsung selama kegiatan pelepasan. Selain itu, unit PASSIS juga bertanggung jawab terhadap pembuatan buku memori.

 

  1. UNIT PASUS (Paduan Suara SMADA)

Unit PASUS merupakan unit kegiatan siswa-siswi smada yang mengembangkan bakat dan minat siswa-siswi smada dalam bidang bernyanyi. Kegiatan PASUS SMADA disalurkan melalui lomba-lomba dan pentas di sekolah.

 

  1. UKKS (Unit Kesenian Karawitan Smada)

Unit Kesenian Karawitan Smada (UKKS) merupakan suatu unit yang menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan kesenian Jawa, khususnya kesenian karawitan di SMA Negeri 2 Kediri.

 

  1. UNIT EKSTRIM (Ekstra Tari Modern)

Ekstra Tari Modern (EKSTRIM) merupakan salah satu unit kegiatan ekstarakulikuler di SMA Negeri 2 Kediri yang bergerak di bidang seni tari, yang bersifat modern dan diminati terutama oleh para siswi SMA Negeri 2 Kediri. Oleh karena itu, unit Ekstra Tari Modern (EKSTRIM) perlu mengadakan beberapa kegiatan untuk menyalurkan bakat dan hobi dari para anggota EKSTRIM.

 

  1. UNIT EKSPA (Ekstra Seni Rupa)

EKSPA adalah unit yang dididrikan untuk memberikan wadah bagi siswa seniman bidang seni rupa di SMA Negeri 2 Kediri. Dengan kegiatan diantaranya: Lomba kaligrafi, Lomba Green Poster, Penanggung jawab dekorasi panggung dalam setiap acara yang diadakan di SMADA Pameran Karya, Pelatihan setiap minggunya melalui Pengembangan Diri (PD).

 

  1. UNIT EKSTRID (Unit Ektra Tari Tradisional)

EKSTRID adalah salah satu unit kegiatan ekstarakurikuler di SMA Negeri 2 Kediri yang bergerak di bidang seni tari, yang bersifat tradional dan diikuti terutama oleh para siswi SMA Negeri 2 Kediri. Sebagai wadah dan sarana penyalur bakat dan minat siswa di bidang tari tradisional dan kreasi baru. Dengan mengadakan latihan rutin setiap hari Sabtu pukul 14.00.

 

  1. UNIT STESSA (Seni Teater dan Sastra Smada)

STESSA merupakan unit yang mengembangkan minat serta bakat siswa SMAN 2 Kediri dalam bidang teater dan sastra. Unit ini mengadakan latihan harian rutin. Dalam pelaksanaannya dilatih langsung oleh Seniman Teater yang biasa dipanggil Mas Agus Gondrong. Tidak hanya materi tentang teater, latihan harian ini juga menambah rasa kekeluargaan lewat meditasi dangan game ringan Dengan mempelajari dunia teater, kita dapat memperoleh ilmu dalam mempelajari karakter masing masing individu yang kita perankan, dan karakter dari lawan main ketika pentas di atas panggung. Anggota dari unit ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

 

  1. UNIT SPOD (SMADA’s Photography and Documentary)

Merupakan suatu unit di SMADA yang berkecimpung dalam hal fotografi dan dokumentasi di SMADA yang berdasarkan atas persamaan hobi. Pada tingkat lanjut SPOD banyak memegang peranan yang penting dalam setiap kegiatan di SMADA. Mulai dari dokumentasi setiap kegiatan yang ada hingga membantu pembuatan buku kenangan bagi kakak-kakak kelas XII.

 

  1. UNIT CATUR

Salah satu ekskul yang ada di SMADA yaitu ekstra catur. Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang berminat mengembangkan bakat terutama dalam catur. Latihan rutin tiap minggu dengan mendatangkan pelatih profesional. Di berbagai ajang SMADA telah memborong banyak pernghargaan di bidang catur.

 

  1. UNIT TAEKWONDO

Salah satu ekskul yang ada di SMADA yaitu ekstra Taekwondo. Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang berminat mengembangkan bakat terutama dalam pertahanan diri. Latihan rutin tiap minggu dengan mendatangkan pelatih profesional.

 

  1. UNIT DPS (Dewan Pers Siswa)

DPS & Broadcast adalah unit OSIS yang berkecimpung di dunia jurnalistik. Adapun program tahunan dari unit ini antara lain: Majalah sekolah, Bulletin bulana,  Koran dinding, Radio Sekolah, Majalah Sekolah (DIOSSA), Buletin Bulanan CROSS, Majalah Dinding.

 

  1. UNIT SITC (SMADA IT CLUB)

Unit SITC ini telah memborong berbagai prestasi. Dijadikannya salah satu ekskul di SMADA Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang berminat mengembangkan bakat terutama dalam bidang IT. Latihan rutin tiap minggu dengan pembimbing professional.

 

  1. PLH

Unit kerja ini diharapkan dapat membuat sekolah kita tercinta ini dapat memotivasi siswa untuk hidup bersih dan sehat. Karena lingkungan yang seperti demikian dapat memberikan rasa nyaman dan mendorong semangat belajar, sehingga mengembangkan prestasi siswa SMAN 2 Kediri.

 

  1. PIK R

PIK R Smada atau Pusat informasi dan Konseling remaja SMAN 2 Kediri adalah unit yang didirikan dengan diwadahi BKKBN yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi konseling kesehatan kehidupan berkeluarga.

 

  1. SORA

SORA atau SMADA Organization of Japan adalah unit Jepang dari SMAN 2 Kediri yang mengenalkan dan membahas tentang Jepang, seperti Budaya Jepang, Bahasa Jepang, dan Seni dari Jepang. Unit SORA sebagai tempat untuk menampung siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang Bahasa Jepang. Dalam kegiatannya SORA akan belajar kaiwa (conversation), choukai (listening), dokkai (reading), dan kaku (writing) yang dibina oleh Dewi Rosliana, guru Bahasa Jepang. Selai itu, juga terdapat pembelajaran kesenian Jepag seperti cosplay (costume player), dance cover, Manga o kaku (membuat komik Jepang), anime/dorama o miru (menonton anime atau drama Jepang), dan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Categories