SEKILAS INFO
: - Friday, 05-03-2021
  • 2 minggu yang lalu / Anda Memasuki Kawasan Sekolah Tangguh “SMADA KEDIRI”
  • 2 minggu yang lalu / Anda diwajibkan mematuhi protokol kesehatan “5M”, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas
  • 2 minggu yang lalu /
UKKS (Unit Kesenian Karawitan SMADA)

Lingsiiirr wengiii…..

Lho..lho.. lagu apa iku, yang biasanya di film horor sambil main gamelan iku ya.

Sebenarnya gamelan bukan terindikasi untuk hal horor, bahkan Lingsir wengi yang

diciptakan Sunan Kali Jaga justru berisi untuk menolak bala/musibah meminta kepada yang maha kuasa.

Jadi gamelan maupun karawitan itu apa?

Pertama kami ucapkan, Salam Budaya!! kanggo dulur-dulur SMADA…

Ladies and gentlemen perkenalkan kita saking UKKS SMAN 2 Kediri.

Lah apa ta UKKS? Sing gawa tandu gawa perban iku ya?

Bukan, UKKS adalah UNIT KESENIANc KARAWITAN SMADA

Jika kalian merasa bosan, sering tidak membuka aplikasi musik dan memainkan beberapa lagu untuk mengusir kebosanan? Ada nggak sih, keinginan untuk menjadi seseorang yang berperan disana?

UKKS adalah Unit Kesenian Karawitan Smada. Wadah untuk kalian yang kepo dan ingin belajar tentang kebudayaan Jawa. Kita akan mendapat semua ilmu mengenai kebudayaan jawa, secara langsung maupun tidak langsung yang dikemas dengan memainkan alat musik jawa yaitu gamelan.

 

Lha Gamelan iku apa..

Gamelan sendiri diambil dari kata gamel yang berarti menabuh atau memukul. Gamelan ini terdiri dari beberapa alat musik yaitu Kendang, Sarong, Bonang, Demung, Gong, semuanya tersedia lengkap di UKKS ini, loh. Nyesel banget kalo kalian belum cobain karawitan. Karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Kesenian ini terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Istilah karawitan berasal dari bahasa Jawa yaitu kata “rawit” yang berarti halus dan lembut. Jadi karawitan berarti kelembutan perasaan yang terkandung dalam seni gamelan.

 

UKKS ngapain aja sih?

UKKS ini cocok banget buat kalian yang ingin relax setelah berkutat dengan pelajaran yang menguji iman. Dijamin deh, kalau UKKS bisa menjadi rumah tempat kalian pulang karena apa?

Bayangin saja ya, sepulang sekolah UKKS  membuka pintu untuk kalian yang masih malas pulang ke rumah tapi gak mau gabut sendirian. Di UKKS kalian bisa belajar kebudayaan Jawa dengan santai. Teman sesama musisi orangnya senang bergaul dan saling bercanda. Semua jenis seni khususnya seni musik ini harus dijalankan dengan santai karena pada dasarnya arti dari seni ialah sesuatu yang indah. Latihan Rutin diadakan dua kali seminggu. Latihan kita dipimpin oleh pelatih yang seru, perhatian dan telaten. Jika kalian kurang mengerti, beliau akan memberi arahan agar kamu tidak ketinggalan. Lalu UKKS juga biasa ngadain sharing loh, dan pada sharing ini kita bisa bicara dengan santai. Mulai dari masalah perkembangan UKKS masalah pelajaran sampai masalah pribadi yak.

Kalau ingin ikut UKKS tapi belum bisa karawitan sama sekali bagaimana?? (Rung Isa blass)

Tentu saja jangan khawatir yak, di UKKS setiap tahun juga banyak yang belum bisa. Tapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, kita akan menyediakan fasilitas dan teman belajar pada anggota baru.

 

Mengisi acara

Selanjutnya UKKS juga menjadi pengisi beberapa acara sekolah, bahkan beberapa anggota ada yang bisa manggung diluar acara sekolah lho. Kita mulai dari acara sekolah. Unit Kesenian Karawitan Smada mengisi berbagai acara sekolah seperti Smada Fiesta, yaitu bagian acara dari PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), jadi pada acara ini pertunjukan tentunya ditujukan untuk adik adik yang baru masuk menjadi keluarga besar SMAN 2 Kediri.

Lalu ada acara Aksis, lha Aksis itu apa? Jadi Aksis ialah singkatan dari ajang kreasi sinden Smada. Aksis ini merupakan lomba sinden yang diadakan dari sekolah dalam acara PHBN (Peringatan hari besar nasional) di hari Kartini. Jadi disana UKKS akan mengiringi atau menjadi instrumen musik pada lomba tersebut.

 

Sun puji marang pangeran…mring pangeran…

Ada yang bisa nebak acara selanjutnya. Ya acara yang ditunggu-tunggu yaitu Seni kuda kepang atau jaranan. Acara ini kita belkolaborasi untuk pertunjukan jaranan. Acara ini dipertunjukkann pada Acara Milad atau ulang tahun sekolah.Dimulai dari acara flasmob di bundaran Sekartaji. Jadi kita berjoget kudang kepang ramai-ramai di segitiga samping bunderan. Bisa bayangin kan betapa serunya joget bersama-sama. Lalu dilanjut dengan pertunjukan di sekolah di panggung milad Smada.

Berikutnya, ada susunan pengurus UKKS masa bakti 2020/2021.

Ketua                          : Danang Wahyu Pamungkas

Wakil Ketua               : Arya Luqmana Kaharudin

Sekretaris Umum        : Alfiana Septya

Wakil Sekretaris         : Theresia Sabrina Puspa A.

Bendahara Umum       : Revania Ayu Firnanda

Wakil Bendahara        : Salma Rosyidah Putri

 

 

Wes wayahe nglilir nger, wis wayahe tangi… 

 

Sudah saatnya bangun para generasi muda. Mari kita lestarikan budaya negeri kita ditengah gemerlapnya budaya asing yang kian banyak diminati pemuda di negeri kita. Mari kita kemas karawitan dengan inovasi baru atau karya yang lebih berkembang (kekinian) tanpa merubah banyak dasar karawitan supaya tetap diminati generasi milenial. Karawitan ialah salah satu warisan dari nenek moyang kita yang perlu kita lestarikan. Karawitan juga menggambarkan sosok orang jawa yang ramah tamah dan sopan santun. Wong jawa aja jali jawane yaa…

 

 

 

Categories