SEKILAS INFO
: - Saturday, 27-04-2024
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
kir

Halo, teman-teman bagaimana nih kabarnya? baik kan ya pastinya. Ngomong-ngomong nih kalian tau ngga sih kalau ada ekstra KIR di SMADA?

Apa itu KIR SMADA?

Kelompok Ilmiah Remaja (disingkat KIR) merupakan kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan suatu karya ilmiah. KIR merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang. KIR SMADA adalah unit yang mewadahi para siswa SMAN 2 Kediri di bidang kepenulisan dan penelitian.

Jadi ekstra KIR SMADA ini mengakomodir bagi kalian yang suka dunia penulisan dan juga pastinya dunia penelitian. Selain itu, di KIR SMADA kalian tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan suatu karya tulis ilmiah, tetapi juga tentang esai ilmiah dan poster ilmiah.

Pembina          : Ibu Rima Dhian Pratiwi, S, P.d

Ketua               : Hesya Nurulum Yunitasari

Wakil               : Jasmine Willy Saphira

Sekretaris I      : Dita Ristyani

Sekretaris II    : Aulia Putri Fatima Zahra

Bendahara I    : Aurel Diyah Agustin

Bendahara II   : Azzahra Ozzora

Bicara tentang KIR, pasti kalian berpikir, kalau penelitian hanya berfokus di bidang IPA saja sesuai dengan kegiatannya meneliti tentang sesuatu bisa di laboratorium dan juga pasti melakukan percobaan kan? Pastinya juga kalian penasaran di KIR SMADA itu ada berapa bidang sih? Tentunya bidang penelitian yang bisa kalian temui sekaligus kalian pelajari ada banyak.

Di KIR SMADA ini, ada empat bidang penelitian nih, yaitu :

  1. IPS
  2. IPH (Life Science)
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik
  4. Kewirausahaan

Apasih benefit atau manfaat yang akan kalian peroleh kalau kalian ikut ekstra KIR? Pastinya, disini kalian itu akan mendapatkan berbagai manfaat yang bakal kalian butuhkan di masa depan, seperti memiliki kemampuan public speaking dengan lancar, mengetahui cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar, dan juga melatih diri kita untuk selalu berpikir kritis, serta peka terhadap lingkungan sekitar.

Nah di KIR ini kalian bisa mengikuti banyak sekali jenis perlombaan, baik yang diadakan oleh pemerintah (kemdikbud atau lembaga pemerintah lainnya), perguruan tinggi, maupun lembaga penelitian di Indonesia. Beberapa perlombaannya tidak hanya bertaraf nasional saja, tetapi ada yang bertaraf internasional lho…, seperti LKIR LIPI, NYIA, KOPSI, ISPO, IFSA, IYSA, FIKSI, ISTEC, dan masih banyak lagi.

Berikut merupakan salah satu perlombaan bertaraf internasional [ISTEC]  yang pernah diikuti ektra KIR SMADA

 

Agenda Pertemuan rutin yang diadakan KIR SMADA

 

Berikut merupakan salah satu contoh perlombaan [FIKSI 2020] yang diadakan secara virtual

 

Kegiatan PIRN yang diadakan oleh LIPI dan diikuti oleh anggota KIR SMADA

 

 

 

Berikut merupakan lomba INOTEC yang diadakan Pemerintah Kota Kediri

 

 

 

Best Booth International Science Technology and Engineering

 

 

 

Kalau kalian ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai KIR kalian bisa mengunjungi akun instagram KIR SMADA di @kirsmadakediri , ayo gabung bersama kami dan jadi peneliti muda yang berkarya untuk nusa dan bangsa.

Categories